Minggu, 19 Maret 2017

macan tutul

Macan Tutul Jawa atau Macan Kumbang

rmlnmmp.com
Macan tutul jawa (Latin: Panthera pardus melas) atau macan kumbang adalah salah satu spesies cabang dari keluarga macan tutul yang hanya ditemukan di hutan tropis, pegunungan dan kawasan konservasi di Pulau Jawa. Macan tutul ini memiliki dua variasi warna kulit yaitu berwarna terang (oranye) dan hitam (macan kumbang). Macan tutul jawa adalah satwa indentitas Provinsi Jawa Barat.
Dibandingkan dengan macan tutul lainnya, jenis macan tutul jawa berukuran paling kecil, dan mempunyai indra penglihatan dan penciuman yang tajam. Subspesies ini pada umumnya memiliki bulu seperti warna sayap kumbang yang hitam mengilap, dengan bintik-bintik gelap berbentuk kembangan yang hanya terlihat di bawah cahaya terang. Bulu hitam Macan Kumbang sangat membantu dalam beradaptasi dengan habitat hutan yang lebat dan gelap. Macan Kumbang betina tidak jauh beda dengan jantan-nya hanya ukurannya lebih kecil dari jantan.
gambar macan kumbang
ivanildosantos.blogspot.com
Macan Kumbang sedang berada di atas batu di pegunungan. Jika kita perhatikan lebih seksama, sebetulnya Macan Kumbang berwarna hitam juga mempunyai bintik-bintik seperti Macan Tutul lainnya. Hanya saja karena warnanya yang gelap menjadi lebih sulit terlihat.

simomot.wordpress.com
Macan Tutul Jawa bercorak oranye dengan bintik hitam. Populasi Macan Tutul Jawa dengan corak seperti ini lebih sedikit dibandingkan dengan yang berwarna hitam di atas tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar